Home » » MANFAAT DAN BAHAYA MENGGUNAKAN SOFTLENS

MANFAAT DAN BAHAYA MENGGUNAKAN SOFTLENS

MANFAAT DAN BAHAYA MENGGUNAKAN SOFTLENS



Hallo, semangat pagi sobat cantik..
Sebelum membahas dan menjelaskan judul di atas, aku mau jelasin dulu nih foto yang di atas itu, tanpa menggunakan softlens. Warna mataku cokelat dan karena terkena cahaya matahari jadi terlihat jelas warnanya. Ok itu aja penjelasannya,, hho
Perempuan memang selalu menginginkan tampil cantik, bukan hanya wajah, kulit namun mata pun menjadi sesuatu yang penting untuk terlihat cantik. Karena itulah tidak heran banyak perempuan yang ingin matanya terlihat lebih cantik dan indah dengan menggunakan softlens atau kontak lens. Sejujurnya aku pun tertarik dan sempat ingin banget menggunakan softlens karena terlihat ok, tapi sampai saat ini ku belum pernah coba menggunakannya, karena takut dengan bahayanya.
Aku tertarik menggunakan softlens karena memiliki beberapa manfaat diantaranya adalah membuat mata menjadi lebih indah, karena terlihat lebih bening. Memiliki banyak pilihan warna dan corak. Warna-warnanya bisa kita pilih sesuka hati begitu juga coraknya. Bahkan ukurannya pun berbeda ada yang ukuran mata normal ada juga yang besar yang membuat mata seperti mata boneka atau mata bayi yang lucu. Selain itu, untuk yang mata minus juga bisa menggantikan kaca matanya dengan softlens. Selain menjadi lebih nyaman juga membuat mata menjadi indah. Itu beberapa manfaat dari softlens, sedangkan untuk bahayanya yaitu:
1. Iritasi mata dan mata merah
Ini nih bahaya pertama dari softlens, membuat mata iritasi dan merah. Hal ini bisa terjadi karena pemakaian softlens yang terlalu sering dan kurangnya perawatan pada softlens. Supaya mata tidak iritasi sebaiknya jaga softlens supaya tidak terkena debu dan pakai dengan cara yang benar. Cara yang benar itu adalah tanganmu harus steril ketika memakai  dan melepaskan softlens. Jangan pakai softlens di tempat yang berdebu ya, karena debu yang masuk ke mata akan menyebabkan iritasi mata yang membuat mata menjadi merah, berair dan biasanya disertai gatal.
2. Mata Kering
Bahaya yang kedua adalah membuat mata kering. Softlens dapat membuat mata menjadi kering  karena menyerap sebagian air mata. Kurangnya pertukaran air mata dapat menyebabkan sindrom mata kering yang menyebabkan perasaan tidak nyaman seperti gatal-gatal, kemerahan dan sensasi terbakar. mata kering yang parah dapat menyebabkan jaringan parut pada kornea. Untuk menghindari mata kering bersihkan selalu softlens dengan menggunakan cairan khusus yang sudah disertakan dan selalu bawa obat tetes mata jika berpergian, sehingga saat mata terasa kering bisa langsung pakai tetes mata untuk membuat mata menjadi lembap kembali.
3. Sotflens rusak di dalam mata
Bahaya yang ketiga adalah softlens rurak di dalam mata. Iih ngerikan..karena itulah kamu jangan pernah memakai softlens di saat tidur. Hal ini sangat membahayakan mata karena di saat tidur kamu pasti memejamkan mata dan ketika mata terpejam mata akan kekurangan oksigen serta mata bergerak-gerak. pada kondisi inilah yang di khawatirkan yaitu softlens bisa bergeser dan jika pergeseranya parah bisa merobek mata lho, jika kamu membuka mata tentu saja softlens tidak berada di posisi yang sama dan tidak bisa di ambil kecuali dengan jalan operasi.
4. Infeksi kornea mata
Bahaya yang selanjutnya adalah menyebabkan infeksi pada kornea mata. Hal ini bisa terjadi jika softlens yang kamu pakai kotor, banyak kuman, jamur, virus, sehingga terjadilah infeksi pada kornea mata. Bahkan jika hal ini terus terjadi dalam jangka panjang akan dapat menyebabkan kebutaan. Bahaya infeksi kornea bisa terjadi karena kamu tidak merawat softlens dengan baik. Karenanya bakteri, jamur dan virus bisa tumbuh di softlens. Maka dari itu, jaga softlens supaya tetap higenis. Jika tidak bisa seperti itu, memakai softlens sekali pakai bisa menjadi pilihan.
5. Alergi
Bahaya yang terakhir adalah alergi. Alergi itu bisa berupa mata menjadi gatal, rasa tidak nyaman dan masih banyak lagi lainnya. Softlens bisa menimbulkan reaksi alergi pada penggunaan jangka panjang. Alergi memang tidak terjadi pada awal pemakaian saja. Nah, hal ini lah yang umumnya luput dari perhatian si pemakai. Sel pada mata yang dipapar dengan alergen akan merespons dengan membentuk antibodi. Saat antibodi masih sedikit, antigen+antibodi belum menimbulkan alergi. Ketika antibodi sudah memperbanyak diri barulah terjadi reaksi alergi. Apabila terjadi alergi maka reaksi awal adalah mata yang terasa gatal, seperti ada yang mengganjal di belakang kelopak mata. Setelah itu umumnya akan timbul benjolan-benjolan kecil pada mata sehingga akan menyebabkan softlens bergeser pada saat dipakai. Jika ini terjadi, segera konsultasikan ke dokter agar tidak ada dampak buruk berkepanjangan.
Nah untuk sobat cantik yang mau menggunakan softlens gak perlu takut untuk menggunakannya selama penggunaan dan perawatannya benar. Sedangkan untuk sobat cantik yang sudah menggunakan softlens tetap jaga kebersihan softlensnya ya dan jangan gunakan terlalu lama.
Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.
Baca juga bahaya memakai makeup kadaluarsa.
Thanks for reading MANFAAT DAN BAHAYA MENGGUNAKAN SOFTLENS

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar: