Home » » 10 MANFAAT TEH HIJAU UNTUK KECANTIKAN

10 MANFAAT TEH HIJAU UNTUK KECANTIKAN

10 MANFAAT TEH HIJAU UNTUK KECANTIKAN

Manfaat Teh Hijau
Seperti telah kita ketahui bahwa teh hijau mengandung antioksidan alami yang sangat kuat yang disebut dengan polifenol. Antioksidan jenis ini tidak hanya membantu menyehatkan tetapi juga bermanfaat untuk kecantikan. Lalu apa saja manfaatnya untuk kecantikan? Nah itu yang akan dibahas pada tulisan kali ini jadi silahkan simak sampai selesai yaaaah.

Manfaat teh hijau untuk kecantikan diantaranya, yaitu :

1.    Mengontrol Berat Badan

Untuk mencegah obesitas, memasukkan teh hijau dalam diet sehari-hari kita akan sangat membantu. Seperti disebutkan sebelumnya, teh hijau mengandung antioksidan alami, yang dikenal dengan polifenol katekin. Bahkan, teh hijau mengandung sepuluh kali jumlah antioksidan yang bisa kita dapatkan dari buah-buahan dan sayuran.
Para ilmuwan telah mengidentifikasi enam jenis katekin dalam teh hijau salah satunya adalah epigallocatechin gallate (EGCG) . EGCG dalam teh hijau ini akan meningkatkan metabolisme tubuh manusia, sehingga mengintensifkan tingkat oksidasi lemak dan mengubahnya menjadi kalori, yang pada akhirnya membantu menurunkan berat badan. Teh hijau juga akan mendetoksifikasi tubuh dan menekan nafsu makan, sehingga bisa mencegah keinginan makan berlebih.

2.    Menyegarkan nafas

Teh hijau memiliki anti bakteri alami yang dapat membunuh bakteri hidup di dalam mulut sehingga menyebabkan bau mulut. Anda dapat mencoba menghilangkan bau mulut dengan menggunakan teh hijau dengan cara berkumur-kumur dengan teh hijau atau dengan meminum seteguk teh hijau untuk membantu mencegah bau nafas yang tidak sedap, dan itu akan menyegarkan mulut Anda secara langsung.
Teh hijau juga bisa membantu untuk mengurangi peradangan gusi. Anda juga dapat membuat pasta gigi dari cairan daun teh hijau dan dicampur dengan satu sendok teh baking soda. Hal ini tidak hanya akan membantu mengurangi peradangan gusi, tetapi juga akan mencegah pertumbuhan plak pada gigi Anda .

3.    Kulit yang sehat

Sejumlah penelitian yang telah dilakukan mengambil kesimpulan positif yang berkaitan dengan manfaat teh hijau untuk kulit. Anti oksidan juga bermanfaat bagi kulit, dan itu banyak terdapat dalam teh hijau. Teh hijau juga mengandung sejumlah senyawa yang membantu kulit menjadi bercahaya, dan manfaat ini bisa diperoleh dari meminumnya atau penggunaan topikal. Formulasi kosmetik yang mengandung teh hijau adalah pilihan yang baik, karena hal ini akan mengurangi kerusakan akibat sinar matahari. Polifenol dalam teh hijau dikenal dapat memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan .

4.    Menyehatkan Rambut

Teh hijau diketahui menghambat pertumbuhan DHT (Dihydrotestosterone), yang dikenal menghambat pertumbuhan rambut dan menyebabkan rambut rontok. Senyawa teh hijau bereaksi terhadap testosteron, sehingga jumlah dalam darah tetap seimbang sehingga tidak bereaksi dengan 5-alpha reductase dan berubah ke DHT. Juga membantu mencegah dan mengatasi masalah rambut yang umum seperti ketombe dan psoriasis dengan mengurangi peradangan karena sifat antiseptik.
Teh hijau juga dikenal dapat merangsang pertumbuhan rambut dan menghaluskan rambut. Ini karena mengandung polifenol, vitamin E dan vitamin C, yang dikenal untuk meningkatkan kilau rambut. Anda bisa membuat bilasan rambut dengan menggunakan 3-4 kantong teh hijau yang diseduh kedalam setengah liter air, dan gunakan ini untuk bilasan terakhir setelah Anda keramas menggunakan sampoo dan kondisioner.

5.    Kuku menjadi Lebih kuat dan mengkilat

Teh hijau juga merupakan zat yang bisa membuat kuku kuat dan sehat. Untuk menghilangkan kekuningan pada kuku, rendam kuku Anda hanya sekali seminggu. Dengan demikian Anda akan mendapatkan kuku menjadi kuat dan mengkilap setelah penggunaan beberapa minggu. Anda juga dapat menggunakan minyak esensial teh hijau sebagai minyak kutikula, caranya cukup berikan setetes untuk setiap kuku sekali atau dua kali dalam seminggu. Hal ini akan mengatasi masalah kuku rapuh .

6.    Menghilangkan Jerawat

Seperti yang sudah dijelaskan pada manfaat yang pertama bahwa ampas teh juga dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat. Seperti yang kita tahu jerawat merupakan masalah kulit yang sangat mengganggu dan membuat penampilan menjadi tidak percaya diri. Tapi tenang saja, dengan adanya ampas teh yang sudah didiamkan semalaman kulit berjerawat Anda bisa hilang dengan sendirinya. Untuk hasil yang maksimal Anda bisa mendiamkan sekitar 10 menit dan bilas menggunakan air bersih. Lakukan setiap tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7.    Mengurangi Noda Bekas Jerawat

Manfaat ampas teh selanjutnya adalah dapat digunakan untuk mengurangi noda bekas jerawat. ketika jerawat sudah mengering setelah terjadi peradangan tentu saja hal ini dapat menimbulkan noda jerawat atau yang biasa disebut dengan flek hitam. Namun Anda jangan khawatir, tak perlu menggunakan krim penghilang noda jerawat, Anda pun bisa menggunakan ampas teh untuk mengatasi hal ini. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah yaitu oleskan ampas teh pada bintik ataupun flek hitam bekas jerawat. Diamkan beberapa menit yaitu sekitar 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

8.    Menghilangkan Kantung Mata dan Mata Panda

Bagi anda yang memiliki masalah dengan kantung mata atau mata panda akibat kurang tidur. Anda dapat mencoba untuk menghilangkan masalah tersebut dengan cara menyeduh teh hijau murni dengan air panas selama 10 menit, setelah itu sisihkan dan simpan ke dalam lemari es. Kemudian celupkan sepotong kapas kedalam larutan teh tersebut dan tempelkan pada kelopak mata selama 10 menit. Selain itu Anda juga dapat mencoba dengan cara yang lebih praktis yaitu dengan menggunakan kantung teh celup bekas pakai yang sebelumnya sudah didinginkan di dalam lemari es.
Lakukan setiap hari maka perubahan akan Anda rasakan seperti mata terlihat lebih jernih dan tetntunya kantung mata menjadi kembali seperti semula yaitu tidak terlihat lingkaran hitam pada kantung mata Anda.

9.    Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin E yang terdapat di dalamnya ampas teh ini sangat berguna bagi kesehatan kulit. Adapun manfaatnya adalah berguna untuk mencerahkan kulit wajah dan juga membantu menjaga elastisitas kulit wajah. Cara penggunaanya cukup mudah hanya dengan mengusapkan ampas teh yang sudah didiamkan semalaman pada muka Anda secara merata. Adapun manfaat yang bisa Anda dapatkan adalah sebagai salah satu scrub, menghilangkan jerawat, komedo, mencerahkan kulit dan mencegah penuaan dini. Satu hal yang perlu Anda ketahui ampas teh mengandung vitamin 508 kali lebih banyak dibanding dengan jeruk lemon. Maka untuk hasil yang maksimal sebaiknya Anda lakukan setiap hari perawatan tersebut.

10.          Menyembuhkan Kulit yang Terbakar Matahari

Kulit wajah yang terkena sinar matahari akibat akitivitas outdoor tentu saja memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan kulit. Selain dapat membuat kulit wajah terbakar dan memerah, terlalu sering terpapar sinar matahari juga dapat membuat kulit beresiko terkena kanker kulit. Untuk mendinginkan kulit Anda bisa menggunakan ampas teh sebagai bahan campuran untuk berendam. Caranya, taruhlah kantong teh bekas yang telah dingin ke dalam bak mandi ataupun pada bathup dan berendamlah di sana setelah Anda beraktivitas di bawah sinar matahari. Ampas teh yang Anda gunakan tersebut mampu memberikan efek mendinginkan pada kulit serta dapat menyembuhkan kulit memerah akibat terbakar sinar matahari.

Demikian bahasan mengenai manfaat teh hijau untuk kecantikan, semoga membantu dan bermanfaat. Untuk yang ingin mengetahui cara membuat masker teh hijau silahkan lihat di postingan sebelumnya. Semangan beraktivitas dan semangat berbahagia. ^^
Silahkan baca juga artikel ini Cara Membuat Masker Teh Hijau.









Thanks for reading 10 MANFAAT TEH HIJAU UNTUK KECANTIKAN

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

2 komentar:

KangDW said...

Nah ....udah satu gitu judulnya. Ok siip dan lanjutkan. #sukses

Unknown said...

Ia siap..hhe